Pages

Senin, 28 Maret 2011

Anfield, Bukan Sekedar Panggung Mimpi


Anfield, Bukan Sekedar Panggung Mimpi

ANFIELD STADIUM


ANFIELD STADIUM
Siapa kah yang tidak kenal dengan stadion angker nan sarat sejarah ini? Jika Anda penggemar sepakbola Inggris atau Barclays Premier League, tentu dengan mudah Anda mengenal stadion yang berkapasitas 45.362 penonton ini. Anfield merupakan stadion milik Klub Tersukses di Inggris, Liverpool FC. Bertempat di sekitar Stanley Park di kota Liverpool, Anfield memiliki banyak kenangan yang tak mungkin dilupakan oleh pendukung Liverpool (Liverpudlian) dan tentunya pelaku sejarah di Liverpool. Ya, di Anfield ini lah Liverpool mengukirkan namanya sebagai klub terbaik di Inggris. Mulanya, Anfield berdiri pada tahun 1882 dibawah pemilik John Orrell, yang mana seorang pemilik Everton saat itu. Pertandingan pertama pun digelar dengan laga antara Everton berhadapan dengan Earlstown yang berakhir 5-0 untuk kemenangan Everton. Seiring berjalannya waktu, tentu kita sebagai Liverpudlian sudah tau dong tentang perselisihan sewa antara Everton FC and Athletic Grounds, Ltd (Eks nama Liverpool) dengan Everton FC itu sendiri. Namun, FA pun menolak penggunaan nama yang sama tersebut dan John Houlding (USA) pun merubah nama tersebut menjadi Liverpool FC sekaligus menjadikan Anfield milik Liverpool FC tahun 1892. 

Laga perdana Liverpool di Anfield dimulai ketika melawanRotherham dan menang 7-0 untuk Liverpool. Untuk di ajang resmi, Liverpool memulainya dengan mengalahkan Lincoln 4-0. Sedangkan melihat kondisi stadion saat itu, maka manajemen The Reds pun menambah 3000 kursi lagi pada tahun 1895 dan kembali menambah tribun pada tahun 1903. Dan tahukah anda, bahwa selama proses pembangunan stadion tersebut, baru pada tahun 1957 lah lampu untuk stadion Anfield dipasang. Untuk lebih mudah memahami waktu sejarah Anfield stadium, silahkan lihat data timeline di bawah, di mulai sejak tahun 1965 :

  •  1965, Anfield di renovasi dan diberikan atap sebagai penutup tribun
  • 1973, pencapaian rata-rata tertinggi penonton di Anfield yaitu 48,127. Padahal daya tampungnya ga nyampe setinggi itu.
  • 1973, Tribun di desain ulang.
  • 1982, dibangun Shankly Gates sebagai tanda penghormatan kepada sang LEGENDA!!
  • 1987, dibangun ruangan untuk Polisi di Kemlyn Road
  • 1992, Kemlyn Road diganti menjadi Centenary Stand
  • 1994, Tribun The Kop disempurnakan dengan full kursi
  • 1997, Patung Spirit Of Shankly didirikan
  • 1999, Paisley Gateway didirikan
Stanley Park
 
 STANLEY PARK STADIUM
 
Dewasa ini, sepakbola selalu dikaitkan dengan industri, karena ada unsur bisnis di dalamnya. Sejalan dengan itu, tentu pemasukan untuk klub dibutuhkan dengan segala kemungkinan cara. Salah satunya adalah pemasukan tiket. Khusus di Liverpool sendiri, pemasukan tiket tidak setinggi seperti klub rival abadi mereka, Manchester United, apalagi Arsenal dengan Emirates Stadium-nya. Untuk itu, menyusul dengan rencana ekspansi stadion mulai masuk wacana. Namun, karena mengingat lokasi Anfield yang sudah sangat rapat dengan bangunan lain, maka diputuskan harus dibangun stadion baru dengan perencanaan nama "Stanley Park", sesuai dengan tempat lokasi rencana pembangunan. Namun, Tom Hicks dan George Gillet gagal memenuhi harapan fans ini. Malahan sebaliknya, klub sempat merugi. Nah, di kepemilikan John Henry dengan NESV-nya, harapan fans akan Stanley Park kembali mengemuka. Apakah di era John Henry ini dapat terwujud? Kita hanya bisa berharap, agar yang terbaik untuk Liverpool, terutama Gelar BPL harus diraih. Hanya itu keinginan Liverpool yang paling pokok, disamping pembangunan stadion. 


YOU'LL NEVER WALK ALONE
==JFT96=

0 komentar:

Posting Komentar